Beranda > Uncategorized > mengatasi “UTS”

mengatasi “UTS”

New Picture1

Suasana Ujian Tengah Semester yang dialami mahasiswa berbeda-beda.Terbukti pada gambar yang ada, bahwa beberapa mahasiswa harus mengikuti ujian dengan suasana yang jarang sekali dialami oleh mahasiswa pada umumnya.Terlihat beberapa mahasiswa dengan khusyuknya tetap mengerjakan ujian, walaupun berada di luar ruangan.

Tentu saja terdapat perbedaan mental antara mahasiswa yang mengikuti ujian di dalam ruangan dengan di luar ruangan. Namun, bagaimanapun ujian tetap harus dijalani meski dengan kondisi apapun termasuk ujian di luar ruangan, yang bisa bikin kita nervous/salting.

Belum lagi, dengan dosen yang selalu mengawasi sehingga tidak ada celah untuk melakukan negosiasi dengan teman sebelah.Lalu bagaimanakah kita mensikapi agar hal-hal di atas dapat teratasi?.

Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman, agar teman-teman merasa tenang ketika menghadapi ujian. Ok langsung aja,, cekidot…

Jika kita ingin melakukan perjalanan dari satu kota ke kota yang lainnya, misalkan dari Bandung ke Jakarta. Tentu kita tidak sembrono leos ke Jakarta, melainkan dengan beberapa perhitungan dan prediksi.Seperti mau naik dengan kendaraan apa?, berapa lamakah kita tinggal di Jakarta?, kemungkinan dicopet(halah,,ini pengalaman)?, dsb.

Analogi dengan hal di atas, untuk mendapatkan ketenangan ketika ujian tentunya kita perlu melakukan beberapa ritual sebagai berikut :

  1. Memahami materi yang akan diujikan, ada 1001 cara agar materi-materi perkuliahan dapat dipahami dan tidak cepat lupa.Salah satunya dengan membentuk kelompok halqoh.
  2. Memperhatikan kondisi tubuh kita, dengan olahraga yang teratur dan jangan biarkan perut kita kosong ketika akan ujian, tapi jangan juga terlalu kekenyangan.Hehe jadi gemana dong??? Ini tergantung pada individu masing-masing.

Hal-hal di atas merupakan syarat perlu(bukan syarat cukup).Seperti pada kasus berikut:

Teorema1. Jika terdapat suatu fungsi kompleks f terdefinisi pada daerah D bagian dari C dan a adalah anggota dari D.Jika turunan pertama f1 ada, maka persamaan Cauchy-RIeman berlaku.

Teorema2. Diberikan suatu fungsi kompleks f terdefinisi pada daerah  D bagian dari C dan a adalah anggota dari D.Jika

(i)  Masing-masing fungsi pada fungsi komples f kontinu di titik z0

(ii)  Memenuhi persamaan Cahuchy-Rieman

Maka turunan pertama f1 ada.

Pada teorema2, syarat (ii) yaitu persamaan Cahuchy-Rieman merupakan syarat perlu, tetapi tidak cukup untuk eksistensi  f1.

(Hah, jadi inget fungsi variable kompleks)

Kembali kepokok bahasan, untuk mendapatkan ketenangan butuh beberapa usaha, yaitu beribadah kepada Allah ta’ala.Karena salah satu kunci ketenangan adalah dengan berdzikir(yang sesuai syariat).

Mencontek adalah salah satu bentuk pelanggaran akademis.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: